Rabu, 20 Januari 2016

089695118990 , Harga Kopi Malang , Harga Kopi di Malang , Gahwa sebagai hidangan pembuka untuk Perjamuan

Gahwa sebagai hidangan pembuka untuk Perjamuan

Masihkah anda  ingat dengan sebuah peribahasa “Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikan-nya, menggambarkan betapa luas dunia ini dengan berbagai ragam adat istiadat dan budaya-nya. Itulah memang kenyataannya. Bahwa didunia ini penuh aneka ragam budaya yang berbeda-beda antara satu suku dengan suku lainnya, satu negara dengan negara lainnya. Termasuk didalamnya tentang adat istiadat  yang berbeda beda antara daerah satu dengan yang lainnya dalam menyambut dan menjamu tamu yang datang. Dalam tulisan saya untuk kontes “ADUK” pakdhe Cholik  kali ini saya akan lebih fokus untuk bercerita tentang hidangan pembuka  yang tersaji untuk tamu yang menjadi ciri khas Negara  di Timur tengah atau Negara Jazirah arab. Dan ini berdasarkan pengalaman saya kurang lebih dua tahun “nyangkul” dinegeri seberang tersebut.
Dalam ajaran agama Islam kalo saya tidak salah nabi pernah bersabda untuk memuliakan tamu yang datang kerumah kita. Mungkin filosifi inilah yang dipakai untuk orang orang dinegara timur tengah  untuk menjamu para tetamu-nya dengan berbagai macam hidangan. Setelah tamu datang  yang pertama kali dikeluarkan sebagai  hidangan pembuka adalah berupa kopi arab atau dikenal dengan istilah “gahwa Arabic” (Arabic coffe), beserta dengan kurma. Biasanya hidangan lain selain kurma adalah berupa manisan atau coklat. Penasaran dengan kopi arab rasanya seperti apa?. Pertama kali saya mencobanya,saya tidak langsung jatuh cinta. Rasanya seperti jamu, menurut saya tidak layak disebut kopi. Karena dalam bayangan saya yang namanya kopi itu hitam pekat. Selidik punya selidik ternyata  yang disebut kopi arab ini ternyata bahan dasarnya bukan hanya  kopi akan tetapi sudah dicampur dengan beberapa  jenis rempah-rempah. Rasanya sedikit pahit dan pedas. Wangi dari rempah-rempah membuat minuman ini menyegarkan. Dengan berjalannya waktu karena sering bertamu dan merasakan sajian kopi arab ini sebagai hidangan pembuka yang wajib ada dalam setiap perjamuan akhirnya  saya jadi jatuh cinta.


arabic gahwa, dates (kurma) and sweet
(manisan) - sumber internet
Karena saya begitu jatuh cinta dengan hidangan pembuka khas negeri timur tengah ini, atau biasa disebut dengan  kopi arab atau “Arabic Gahwa” akhirnya saya belajar bagaimana cara membuat kopi ini. Caranya ternyata begitu sederhana tidak seribet yang saya bayangkan. Biasanya saya membeli saja kopi arab yang sudah jadi dalam bentuk serbuk yang banyak dijual di supermarket atau toko toko, lalu didihkan air seperlunya sesuai dengan takaran, berapa sendok untuk kopi dan juga berapa jumlah air-nya. Setelah air mendidih masukkan serbuk/bubuk kopi lalu didihkan selama kurang lebih 15 menit sampai 30 menit. Sampai  serbuknya naik keatas. Siapkan juga “cardamon” atau bahasa indonesianya disebut dengan kapulaga yang telah ditumbuk atau dihancurkan kasar dengan blender untuk ditaburkan kedalam kopi tersebut. Bagi yang suka dengan jahe bisa ditambahkan sedikit jahe yang dikeprek dalam kopi tersebut.  Siap dihidangkan dan akan berasa nikmat dinikmati saat masih panas atau hangat. Kalo orang arab menikmati hidangan pembuka ini dengan kurma atau coklat yang sifatnya manis, kalau saya lebih suka memberi-nya gula dalam kopi tersebut. Dan kelakukan saya inilah yang selalu jadi bahan olok olokan kawan kawan dari negara lain yang sangat “aware” dan menghindari makanan yang terlalu manis dan sering berkata kepada saya  “Indonesian people prefer  sweet very much”. Ya iyeslah..saya cinta manis :). Kebiasaan jelek yang seharusnya sudah mulai harus saya tinggalkan diusia saya yang sekarang ini.


Tidak berselang lama setelah hidangan pembuka  tersaji dan dinikmati para tamu biasanya tuan rumah akan melanjutkannya dengan jus buah.  Setelah itu baru masuk ke menu utama untuk perjamuan. Menu utama ini bisa jadi berupa menu makan  malam lengkap khas timur tengah seperti nasi briyani, nasi kebuli,kebab atau hidangan lainnya khas arab yang serba daging. Setelah  menu utama selesai, biasanya  obrolan dilanjutkan dengan menghidangkan makanan penutup seperti salad buah atau makanan yang manis seperti menu khas timur tengah yang disebut dengan “kenafa/kenafeh” (Palestinian cheese pastry/ kenafa /Nablus Sweets). Kenafeh adalah salah satu “dessert” atau hidangan penutup mulut yang  populer di kawasan timur tengah.

nasi briyani & kebuli (sumber : internet)
Hidangan pembuka khas negara timur tengah ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan lho. “Arabic Gahwa” atau kopi arab ini mempunyai manfaat  untuk menjaga kebugaran tubuh. Mungkin karena didalamnya terdapat beberapa jenis rempah rempah yang berguna untuk kesehatan tubuh. Penasaran dengan hidangan pembuka khas negara timur tengah seperti yang telah saya tuliskan diatas? Silahkan mampir ke restaurant atau rumah makan khas  yang berbau timur tengah untuk menikmati nama-nama makanan yang telah saya sebutkan diatas. Bagi pecinta “full spices”  atau masakan dengan bumbu penuh rempah rempah dijamin bakalan terpuaskan.

Silahkan Hubungi :
089695118990 (No HP / WA)
7eafe5f3 (V
jualkopiarabikamalang@gmail.com
http://jualkopiarabikamalang.blogspot.co.id

1 komentar:

  1. CNI Malang menyediakan makanan kesehatan (ester c, sun chlorella, royalzim dsb), makanan dan minuman (ginseng coffee, up cocoa, up green tea dsb), perawatan diri dan kecantikan (nutrimoist, white magic, ires dsb), peralatan rumah tangga (kompor infrared, blender, sabun cuci SC88 dsb) dan pertanian (plant katalis, plankton katalis dsb).
    Alamat kami :
    Jl. Arif Margono 10, Malang
    Tlp : 0341-364749
    Hp : 08980319838

    BalasHapus